Resep Kue Jendral Mabok Khas Bulan Ramadhan Dari Kalimantan Timur

Aromadapur.com  Hai hola sobat aromdapur.com tak terasa ya sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Pada saat bulan Ramadhan tiba banyak sekali di jual takjil untuk buka puasa seperti kolak, macam-macam gorengan, lontong, jajanan pasar, bubur candil, bubur mutiara, es pisang ijo masih banyak lagi dehh. Di setiap daerah di Indonesia ada makanan, minuman atau kue khas pada saat berbuka. Seperti di pinggiran jalan sekitar Tenggarong, Samarinda, Balikpapan dan kota lainnya di Kalimantan Timur terlihat dijajakan Kue berwarna hijau menarik mata. Apakah kue itu??

Kue tersebut dinamakan jendral mabok. Kenpa ya dinamakan jendral mabok? Asal mula nama tersebut dikarenakan rasanya yang legit banget sehingga membuat seorang jendral sampai mabok saking enaknya. Selain rasa manis yang legit juga aroma suji dan pandan yang kuat serta warna hijau yang menyala sehingga membuat kue ini banyak di buru orang.

Apakah anda penasaran dengan kue ini, bagi sobat-sobat aromadapur yang tidak tinggal di Kalimantan Timur bisa kok menikmati kue ini, dengan cara membuat sendiri. Kue ini bisa dipanggang juga bisa dikukus jadi disesuaikan selera aja ya sobat. Oke sekarang kita siapkan bahan-bahan lalu lanjut cara membuatnya, cekidott

resep kue, resep masakan, resep makanan, resep tradisional, jajanan pasar, kue kukus, kue panggang, kue warna hijau, kue khas kalimatan,takjil

Bahan-bahan Kue Jendral Mabok:

  • 150 gr Tepung Terigu
  • 200 gr Gula Pasir
  • 350 gr Putih Telor
  • 300 cc Santan kental  dari 1 butir kelapa
  • 60 gr Mentega, lelehkan
  • ½ sdt Garam
  • 8 lembar Daun Pandan
  • 7 lembar Daun Suji, 
  • (bisa tambahkan pewarna makana warna hijau 2 tetes jika warna kurang menyala)

Topping 

Cara membuat Kue Jendral Mabok :

  1. Tumbuk atau parut daun pandan dan suji lalu peras dan saring kemudian campurkan dengan santan ( ada baiknya santan direbus dahulu agar tidak cepat basi dan awet).
  2. putih telor dan gula dikocok  hingga kaku
  3. Santan hijau tadi campurkan dengan tepung terigu, mentega cair dan garam kocok aduk rata pelan-pelan dengan kocokan putel.
  4. Siapkan loyang biasanya yang berdiameter 20cm atau loyang yang sesuai selera sobat aromadapur yang telah diolesi mentega dan sudah ditaburi tepung, lalu tuangkan adonan tadi.
  5. Kukus atau panggang selama 40 menit. 
  6. Setelah matang angkat dan dinginkan, 
  7. agar lebih kece tampilannya olesi dengan mentega kemudian taburi keju dan hiasi dengan cherry (tapi jika sobat aromadapur polosan tanpa topping juga boleh sesuaikan selera aja ya )
Demikian resep Kue Jendral Mabok, Salah satu kue yang laris manis untuk takjil pada saat bulan Ramadhan, Semoga info resep ini bermanfaat ya sobat aromadapur. Selamat mencoba dirumah :)

0 Response to "Resep Kue Jendral Mabok Khas Bulan Ramadhan Dari Kalimantan Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel