Resep Kue 8 (Delapan) Jam Khas Palembang Yang Legit dan Nikmat

Aromadapur.com - Holaaaa sobat sobat aromadapur gimana hari kalian ? Semoga lancar ya apapun kegiatannya. Kali ini aku akan share salah satu kue yang berasal dari Palembang. Selain terkenal dengan pempek nya Palembang terkenal juga dengan kue tradisional ini namanya kue 8 jam, kue ini sebenarnya termasuk dalam kue Bolu sobat aromadapur.  Dinamakan kue 8 jam karena dalam proses pembuatannya dibutuhkan waktu 8 jam, hmm jadi bagi sobat aromadapur sembari membuat kue ini juga bisa melatih kesabaran lho wkk..

Pada awalnya Kue khas Palembang hanya bisa dan boleh di sajikan untuk kalangan bangsawan. Bagi masyarakat biasa tidak ada yang boleh menikmati kue yang yummy ini. Berbeda pada saat ini karena kue tradisional yang rasanya dahsyat ini sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Memang sih kue ini tidak setiap hari bisa ditemukan bebas di pasaran dikarenakan proses pembuatan nya yang memakan waktu tidak sebentar. Kita harus meluangkan waktu 8 jam untuk membuat kue bukanlah waktu yang sebentar bukan? Jika sobat aromdapur ke Palembang bisa menikmati kue ini pada saat hari besar seperti Idul fitri, Imlek, atau hari besar keagamaan lainnya dan juga acara adat setempat dan acara penting lainnya.

Namun jika sobat aromadapur belum ada planning ke Palembang dan pengen banget mencicipi kue 8 jam ini, kenapa anda tidak mencoba membuatnya sendiri, tidak perlu menunggu hari besar dan ke Palembang cukup dengan membuatnya sendiri dengan kesabaran tentunya karena memakan waktu 8 jam, tetapi semua itu akan terbayar dengan nikmat dan legitnya kue ini. Bahan-bahan untuk membuat kur ini sederhana lho dan sangat mudah untuk mencarinya, oke cekidot yess langsung ke resep kue 8 jam ini
resep kue,resep makanan, resep masakan,kue tradisonal, kue khas palembang, kue bolu, kue manis, kue kukus, kue jaman belanda

Bahan-bahan :

  • Telur bebek 20 butir
  • Gula 500 gram atau sesuai selera
  • Susu kental manis ½ kaleng
  • Margarin 100 gram, dicairkan
  • Vanili sedikit

Cara Membuat Kue Delapan Jam Asli Palembang Yang Legit dan Nikmat:

  1. Ambil wadah besar kemudian pecahkan semua telur bebek, tambahkan gula pasir dan kocok hingga tercampur rata. Jangan sampai telur mengembang, cukup hingga gula larut saja.
  2. Masukkan margarin yang telah dicairkan dan susu kental manis, campurkan tapi kali ini dikocok pelan saja. Masukkan vanili dan aduk rata.
  3. Tuangkan adonan tadi ke dalam loyang yang telah diberi olesan mentega. 
  4. Tutup bagian atas loyang dengan aluminium foil atau serbet bersih atau plastik tahan panas. 
  5. Ingat ya sobat aromadapur kita akan mengukus selama 8 jam, jangan biarkan terlalu banyak uap air yang menetes ke kue.
  6. Kukus kue selama kurang lebih delapan jam menggunakan api sedang. Selalu cek keadaan air kukusannya, tambahkan lagi jika air mulai kering. Disarankan menambahkan air yang sudah panas agar suhu kukusan lebih stabil. Setelah dikukus selama 8 jam segera angkat kue dan dinginkan.
  7. Nah akhirnya setelah penantian panjang kue ini matang, potong-potong kue dan selamat menikmati legitnya kue ini.

Tips : 
  1. Jika waktu pengukusan kurang dari 8 jam hasil kue kurang lembut dan kenyal, dan tekstur nya akan menjadi mudah hancur.
  2. Jangan lupa untuk menambahkan air mendidih kedalam dandang kukus apabila air sudah banyak berkurang.
  3. Untuk menghasilkan kue yang tahan lama bakarlah kembali kue selama 10 menit.
Selamat mencoba sobat aromdapur dan selamat berkreasi ya :)


0 Response to "Resep Kue 8 (Delapan) Jam Khas Palembang Yang Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel