Resep Praktis Kue Bika Ambon Khas Medan Sumatera Utara

Kue Basah, Kue Panggang,resep bika ambon,bika ambon khas medan,resep makanan,resep masakan,resep masakan indonesia,resep makanan indonesia,resep tradisional,resep nusantara,resep kue basah,resep kue kering,resep kue panggang,jajanan pasar,kue khas indonesia,resep kue,resep praktis kue bika ambon khas medan aromadapurdotcom

Aromadapur.com Banyak yang mengira bahwa kue Bika ini berasal dari kota Ambon, padahal asalnya dari Medan Sumatera Utara. Sobat aromadapur.com Kebanyakan gagalnya dalam membuat bika ambon adalah gagal membuat bolong-bolongnya yang seperti sarang tawon, oleh karena itu aromadapur.com akan berbagi resep praktis kue bika ambon juga triknya agar teksturnya bolong-bolong seperti sarang tawion, berikut ya...

Bahan -Bahan :
  • 300 gram Tepung Sagu 
  • 100 gram Tepung Terigu Protein Sedang 
  • 450 gram Gula Pasir Putih. Jangan menggunakan gula pasir kuning yang berwarna agak gelap ya, karena nanti hasil jadinya akan tercium aroma tebu.
  • 200 mililiter Air Kelapa yang di ambil dari Kelapa Segar
  • 11 gram ragi instant untuk pengembang
  • 600 ml Santan. Sebaiknya gunakan santan asli yang diambil dari buah kelapa yang tua. Gunakan yang santan kental nya aja supaya hasil nya lebih legit.
  • 15 butir besar atau 18 butir kecil Telur Ayam. Ambil kuning telurnya saja
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam dapur.
Cara membuat : 
  1. Langkah pertama, ambil satu wadah yang berukuran sedang. Campurkan 100 gram tepung terigu dan ragi instan. Aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur sempurna.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit 200 ml air kelapa segar ke dalam tempat di langkah 1 sambil tetap di aduk pelan pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur dan tidak ada gumpalan tepung. Diamkan sekitar 14-16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.
  3. Ambil wadah lagi yang ukurannya lebih besar dari yang pertama. Masukkan 400 gram gula pasir, 1 sendok garam dan vanili. Campur rata semua bahan tersebut menggunakan spatula. Masukkan satu persatu sambil di aduk 15 butir telur ayam ke dalam wadah ke dua. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  4. Ambil adonan bahan di wadah pertama yang sudah didiamkan tadi, campurkan ke adonan di wadah kedua. Aduk sampai rata dan tambahkan 300 gram tepung Sagu sedikit demi sedikit sembari tetap di aduk.
  5. Ambil 600 ml santan kental nya, masukkan sedikit demi sedkit ke dalam adonan sambil tetap di aduk (Harap diperhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya semua bahan bahan di atas bisa menyatu dengan sempurna )
  6. Untuk memastikan semua bahan tercmapur, saring adonan tadi menggunakan saringan dapur ke dalam cetakan
  7. Diamkan selama kurang lebih 2 jam agar hasil kue Bika Ambon  mengembang dan keluar bentuk sarang tawon nya.
  8. Sementara itu, siapkan oven dan panaskan Panaskan terlebih dahulu.
  9. Ambilah loyang atau cetakan yang lain dan olesi dengan minyak sedikit untuk menghindari kuenya lengket ke loyangnya.
  10. Masukkan semua adonan terakhir yang sudah di saring diatas ke dalam cetakannya. Untuk hasil sempurna, yang harus diperhatikan adalah adonan tadi tidak perlu di aduk kembali. Cukup tuangkan ke dalam loayang.
  11. Setelah oven sudah cukup panas, masukkan loyang ke dalamnya. Gunakan api sedang dan pintu oven biarkan terbuka sedikit. Hanya untuk menyalurkan hawa panas yang ada di dalamnya. Kalau pintu terlalu terbuka lebar, dikhawatirkan proses pemasakan Bika Ambon Medan nya lebih lama dan hasilnya tidak sempurna.
  12. Panggang sekitar 7-13 menit sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan.
Selamat Mencoba :)

0 Response to "Resep Praktis Kue Bika Ambon Khas Medan Sumatera Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel